Traksi Irjen Ferdy Sambo

101 News Data Visualization

Okey,  Saya kali ini akan mengenalkan startup yang kebetulan berhasil di dirikan dengan beberapa partner / rekan saya. Startup ini diberi nama Outcometric dengan fokus di masalah visualisasi data, traksi monitoring dan vulnerability assesement. Didalam startup ini salah satu yang menarik adalah pengukuran traksi yaitu teknik mengukur percakapan di sosial media untuk melihat seberapa besar sentimen negatif atau positif di suatu brand / merek , kampanye dan persepsi tentang seseorang.

Disini Saya akan memberikan contoh dengan mengukur traksi pada berita tentang Irjen Ferdy Sambo. Seberapa besar kemudian berita ini dapat di ukur persepsinya.

Di grafik diatas tambah pada durasi pengukuran yang dilakukan selama kurang lebih 30 hari didapatkan data bahwa ada 3 titik puncak percakapan yang menghasilkan traksi tinggi, dimana tinggi nya traksi ini simetris dengan sentimen yang dihasilkan. Dapat di simpulkan bahwa sebagian besar pergerakan berita tentan “Irjen Ferdy Sambo” memiliki sentimen yang negatif.

Sumber informasi terbanyak yang menyumbang traksi besar pada kasus “Irjen Ferdy Sambo” adalah dari Twitter , kemudian dari berita berita media digital dan juga dari website content lokal. Tentunya hal ini juga yang membuat score dari pemberitaan ini mencapai 89 jika dibandingkan dengan pengukuran serupa.

Nah berikut ini penjelasan dalam infografis :

 

Dari info diatas ini bisa kita lihat bahwa perbedaan antara sentimen negatif dan positid terpaut sangat jauh, artinya orang yang kemudian memberikan nilai (-) minus atau yang kontra dengan Irjen Ferdy Sambo jauh lebih banyak dibandingkan yang membelanya. Begitu besarnya traksi ini tidak lebpas dari pemberitaan media mainstream seperti detik.com, kompas TV, TVone News. Dengan kata lain pemberitaan ini mendapatkan porsi perhatian besar dari netizen yang ada di Indonesia.


*Disclamer* : Sistem Independent outcometric murni hanya membaca pergerakan percakapan di dunia digital saja. Outcometric tidak ber opini didalam semua pembacaan traksi. Artikel ini terlepas dari sudut pandang negatif ataupun positif.

Related Posts