Metasploit Framework Fundamental

Analyzer C|EH & Penetration Testing Metasploit

Ini adalag Seri pembelajaran Metasploit Framework bagian 1, MSF  ini telah menjadi standar de facto untuk penguji penetrasi. Pertama kali dirilis pada 2003, Metasploit kemudian telah menjadi alat yang wajib di komunitas hacker dan keamanan cyber. Meskipun Metasploit sekarang dimiliki oleh perusahaan keamanan Rapid7, tapi edisi untuk komunitas masih tetap tersedia dan masih dengan pengembangan yang sebagian besar didorong oleh komunitas keamanan cyber.  Arsitektur modular dan fleksibel Metasploit membantu pengembang secara efisien membuat eksploitasi pada saat kerentanan baru ditemukan. Keunggulan lain yang Anda akan lihat adalah, Metasploit intuitif dan mudah digunakan.

Bagian ini adalah merupakan seri pembelajaran Metasploit dan saya akan memulainya dari bagian paling mendasar kemudian beranjak naik pada tulisan tulisan berikutnya. Oke..dibagian pertama ini kita akan mengulas minimum requirement untuk menjalankan Metasploit (MSF)

Storage :
Anda harus memiliki, minimal, 10 gigabyte ruang penyimpanan yang tersedia di host Anda. Jadi kalau rekan rekan menggunakan Kali Linux / Parrot Linux pastikan ruang hardisknya cukup karena MSF sendiri memakan space yang cukup besar.  Saya pribadi dengan VM di Proxmox atau Vmware biasanya space yang saya alokasikan per host nya 30GB, lebih besar lebih baik.

Memori :
Anda perlu menyedikan space memori yang cukup untuk sistem operasi host dan guest OS.  Misalnya saja sebagai berikut : Persyaratan Memori Minimal  Vm Linux adalah 2 GB atau lebih RAM, gunakan swap yang cukup agar proses didalam vm ini berlangsung dengan mulus.

Prosessor
Untuk memastikan best experience , saya merekomendasikan CPU quad-core 64-bit atau lebih baik. Persyaratan minimum untuk VMware Player adalah prosesor 400MHz atau lebih cepat (disarankan 500MHz) semakin cepat semakin lebih baik, gak ngelag lah intinya.

Internet
Ini perlu disiapakan agar Vm bisa di update dan di upgared  paket paketnya, dengan menginstall versi terbaru dari Kali Linux umumnya paket MSF sudah dilengkapi dengan CVE terbaru, exploit terbaru tetapi tidak ada salah nya menyiapkan koneksi agar jika diperlukan tinggal di download.

Hipervisor
Hypervisor yang kami rekomendasikan untuk kompatibilitas out-of-the-box terbaik dengan Kali dan metasploitable adalah VMware Player. Meskipun VMware Player “gratis”, Anda harus mendaftar untuk mengunduhnya, dan aplikasi serta peralatan virtualisasi layak untuk didaftarkan jika Anda belum memiliki akun. Anda juga dapat menggunakan VMware Workstation atau VMware Fusion tetapi keduanya tidak gratis.

Ada juga opsi lain yang tersedia terkait hypervisor mana yang ingin Anda gunakan. Selain VMware, dua hypervisor lain yang umum digunakan adalah VirtualBox dan KVM

See u di bagian MSF Fundamental 2

Leave a Reply

Related Posts