Brainstorming Ide dengan chat GPT. – E S | Blog

Brainstorming Ide dengan chat GPT.

101 News AI

Brainstorming adalah merupakan teknik dasar untuk mengenerate ide ide baru yang  kreatif, sekaligus mengindentifikasi peluang dalam kerangka “pencarian uang “. Dengan kemampuan chat GPT kita akan coba mengolah beberapa teknik brainstorming untuk dapat membantu kita dalam menghasilkan ide ide baru.

Teknik yang pertama adalah teknik mind mapping yaitu teknik yang bisa membantu individu untuk menyusun pikiran dari satu gagasan utama. Dengan chat GPT  Anda dapat membuat satu ide pokok dan AI akan mengenerate ide ide lain yang terkait dengan ide, subtopik dan koneksi. Dengan teknik ini Anda dapat melakukan pendekatan eksplorasi berbagai macam ide dan konsep baik yang sudah ada secara umum ataupun yang tersembunyi.

Contoh Prompt “ Buatkan saya mind map untuk kursus online  “how make money “ beserta dengan ide dan subtopik yang berhubungan dengan hal itu.

Teknik kedua adalah SCAMPER yaitu Substitute, Combine, Adapt, Modify, Put (to another use), Eliminate dan Reverse. Teknik ini sejatinya adalah user akan ditanyakan serentetan pertanyaan yang akan meminta user memikirkan konsep ide mereka dari berbagai segi.

Chat GPT dapat digunakan untukk mengenerate pertanyaan SCAMPER untuk membantu user kembali berpikir ulang konsep awal mereka dan berpikir lebih kreatif.

Contoh Prompt “Gunakan metoda pertanyaan Scamper untuk membuat kurus online dalam bidang keamanan siber “

Teknik Ketiga adalah 5 Why, pada teknik ini melibatkan penggunakan pertanyaan “WHY” berulang 5 kali untuk membongkar alasan yang paling mendasar dari suatu masalah atau menggali lebih dalam pada ide tersebut. Dengan menggunakan teknik ini diharapkan jawaban yang muncul berguna untuk membantu user menemukan motivasi, implikasi ataupun tantangan dari ide mereka.

Contoh Prompt “ Saya ingin membuat kursus online tentang keamanan siber. Kenapa ini merupakan gagasan yang bagus ? “

 

Selamat Mencoba.

Related Posts