The First C-PENT Class In The World

Minggu kemarin Saya akhirnya berkesempatan untuk mengikuti Kelas Profesional Pengujian Penetrasi Bersertifikat atau CPENT . Program Certified Penetration Tester (CPENT) dari EC-Council mengajarkan cara melakukan uji penetrasi yang efektif di lingkungan jaringan enterprise perusahaan , guna menentukan mana yang harus diserang, dieksploitasi dan dipertahankan. Kelas ini kebetulan merupakan kelas CPENT Pertama di Dunia , dimana kelas ini adalah penggabungan ECSA + LPT EC Council.

Kelas CPENT menurut Saya bisa meningkatkan keterampilan untuk melakukan pentesting ke level berikutnya karena juga mengajarkan sampai level uji IOT, menulis eksploitasi sendiri bahkan membangun alat sendiri untuk pentesting. Pada kesempatan training 5 hari full ini lumayan menguras waktu dan pikiran terutama di sesi 2 hari terakhir dimana uji pentesting mulai menyentuk buffer overflow explotation dan juga serangan pivoting untuk mengakses jaringan tersembunyi. Coverage kelas ini sebenarnya gabungan antara kelas LPT dan ECSA yang oleh EC Council kemudian di letakkan dalam CPENT, sehingga coverage kelas ini menjadi jauh lebih luas dibanding LPT dan ECSA.

Pengalaman saya sih ikutan dua kelas lain sebelum ini yaitu CEH dan ECSA masih dari EC Council, kelas CPENT terasa lebih “mengigit” ini juga mungkin karena materinya yang lebih luas. Saya bahkan berani bilang ini terobosan jika kemudian dikomparasi dengan training lain yang pernah saya ikuti semacam OSCP nya Offensive Security dimana titik beratnya penggunaan Kali Linux untuk hacking dan pentesting.

Nah at last but not least adalah ujiannya, ini bagian paling menantang , saya mesti harus belajar banyak siap siap  untuk testing marathon 2 x 24 jam di ilabs nya EC Council.  Minimal saya mau test untuk ambil di CEH Pratical Exam yang juga akan saya ambil di bulan depan.

Overall Menarik sih ya, apalagi sekali lagi menurut saya intrukturnya sangat kualified banget, thank you pak Belly Rachianto. Juga untuk tim  SMI ( Synex Metrodata Indonesia) , also Mbak Violin.  Very Appreciated, awesome lah training kali ini pokoknya.

Leave a Reply

Scroll to Top