Windows.Exe Malware  Menyerang MacOS

Sebuah informasi mengejutkan telah di release oeh peneliti keamanan di Trend Micro yang telah menemukan malware berbentuk .EXE yang dapat menginfeksi komputer berbasi Mac.

Dalam penelitian tersebut telah ditemukan beberapa contoh aplikasi MacOS dengan extensi .dmg telah disusupi dengan EXE applikasi yang dikompile dengan menggunakan Mono Framework.

Mono framework adalah sebuah kode open source yang mengimplementasikan Microsoft.Net. Dengan platform ini seorang developer bisa membangun aplikasi cross platform antara linux, windows dan MacOs.

Payload yang terkandung didalam malware tersebut di desain untuk mengumpulkan dan mengirimkan informasi dari komputer Mac ke remote server yang dikontrol oleh hacker.

Gambar diatas adalah salah satu aplikasi MacOS yang sudah ditanami malware, dimana terdapat  installer.EXE didalam Mono Bundle nya.

Masih berdasakan hasil lab tersebut diketahui yang terbanyak mengalami serangan adalah di United Kingdom, Austrralia, Armenia, Luxembourg, Afrika Selatan dan Amerika Serikat.

Beberapa aplikasi yang terdeteksi antara lain sebagai berikut :

  • Paragon_NTFS_for_Mac_OS_Sierra_Fully_Activated.zip
  • Wondershare_Filmora_924_Patched_Mac_OSX_X.zip
  • LennarDigital_Sylenth1_VSTi_AU_v3_203_MAC_OSX.zip
  • Sylenth1_v331_Purple_Skin__Sound_Radix_32Lives_v109.zip
  • TORRENTINSTANT.COM+-+Traktor_Pro_2_for_MAC_v321.zip
  • Little_Snitch_583_MAC_OS_X.zip

Sampai saat ini perlindunga terbaik adalah untuk berhati hati menginstall  applikasi apapun dari sumber sumber yang tidak dipercaya.


Referensi :

https://www.mono-project.com/

https://blog.trendmicro.com/trendlabs-security-intelligence/windows-app-runs-on-mac-downloads-info-stealer-and-adware/

Edy Susanto
Visit Website