Understanding Cloud Computing

Sebagai metafora untuk internet, “cloud” atau “awan’ adalah bahasa yang kini sangat akrab, tetapi ketika dikombinasikan dengan “komputasi,” maka pasti memiliki makna yang lebih besar. Beberapa analis dan vendor mendefinisikan komputasi cloud sebagai versi terbaru dari komputasi berbasis utilitas atau pada dasarnya server virtual yang tersedia melalui Internet. Bisa dikatakan pula shared resources untuk berbagai macam aplikasi dan vendor.

Cloud computing  adalah salah satu cara  untuk meningkatkan kapasitas atau menambah kemampuan dengan cepat tanpa tambahan dalam investasi  infrastruktur baru, pelatihan personil baru, atau lisensi perangkat lunak baru. Cloud computing mencakup semua layanan yang berbasis langganan. 

Beberapa layanan cloud computing antara lain adalah amazon s3, kemudian google, dropbox dll. Layanan cloud computing ini kini semakin mudah ditemui dengan berbagai macam aplikasi misalnya saja untuk mail server seperti yang google kelola. Dengan google mail , saat ini kita bisa mendapatkan email dengan menggunakan domain kita sendiri, hebatnya adalah kita tidak usah memikirkan server emailnya, pemeliharaan nya , konsumsi power dll, kita cukup hanya membayar beberapa dollar untuk satu account email. Anda bisa bayangkan kalau kita memiliki mail server sendiri berapa banyak investasi yang di kucurkan untuk hal tersebut. Belum lagi sumber daya manusia yang harus mampu menangani layanan mail server tersebut, SLA nya dan segala macam keruwetannya.

Yang lain adalah Amazon S3 menawarkan kemudahan untuk berbagi resource computer dengan simple storage  service ( s3) adalah layanan penyimpanan data yang dapat diandalkan untuk menaruh, menarik dan menyimpan dari belahan dunia manapun.

Cloud computing juga mengacu pada virtualisasi, untuk menghemat investasi pembelian infrastruktur, dengan virtualisasi didalam satu server bisa dibagi menjadi beberapa virtual server bahkan lengkap dengan virtual switch. Saya sarankan untuk memulai menggunakan VMware, Hyper V, Citrix. Saya pribadi lebih suka menggunakan Vmware untuk melakukan viertualisasi dibandingkan produk lain, tentunya ini mengacu ke kebutuhan juga sih.  Masing masing virtualisasi memiliki kelebihan tersendiri.

Kalau anda pemilik produk dari Microsoft Windows 2008 , anda dapat menggunakannya untuk mencoba Hyper V , seingat saya sudah feature ini di roles nya ( bisa di aktifkan).

Salam Share
|EDy Susanto|
Completed [MSCE, CSSA, APP, RHCSE, RHCSA, CWNA, CWNE, CISA, CISM, C|EH, VCP, CISSP]

Edy Susanto
Visit Website