E | Blog

Edy Susanto Personal Blog

Huruf Jawa sebagai simbol adiluhung dari bangsa Jawa mengandung arketype yang mewakilihi kehidupan manusia. Pengertian mendalam terhadap huruf huruf ini dapat membuka khazanah baru pemahaman alur proses kehidupan sendiri ataupun orang lain. Dengan latar belakang tersebut akhirnya saya membuat Kartu Oracle Caraka. Jadi intinya Kartu Oracle Caraka adalah kartu Oracle yang di ilhami dari filosofi huruf huruf Jawa tersebut.

Kartu ini memiliki jumlah 22, kartu ini saya desain dengan pembacaan unik untuk melihat dan berkomunikasi dengan elemen elemen nafsu dan elemen yang dibawa ketika seseorang itu lahir ke dunia, yang dalam konsep Jawa dikenal dengan sedulur papat. Kartu Oracle digunakan untuk memetakan anasir anasir apa saja yang berlangsung ketika suatu peristiwa terjadi, dengan mengenali potensi konstelasi elemen tersebut , seseorang bisa melakukan langkah preventif agar semua kembali harmonis.

Oracle Caraka secara langsung memetakan anasir api, air, udara dan tanah yang kemudian juga terhubung dengan nafsu dasar manusia yaitu amarah, muthmainah, supiyah dan aluwamah.  Didalam suatu peristiwa dapat dipastikan terjadi konstelasi beberapa elemen yang menguatkan, mengurangi atau memang berdiri sendiri.

Leave a Reply