Project Management Part 1

Project adalah sebuah rentang pekerjaan, rentang pekerjaan dikategorikan sebagai project bila memenuhi beberap syarat , antara lain :

1. Mempunyai Life Span yaitu ada awalnya ( start) , ada pekerjaan yg sedang berlangsung ( middle) dan ada akhir ( end), secara sederhana project memiliki batasan time line dari awal sd berakhir.
2. Project biasanya meng utilisasi banyak sekali resource yang bekerja secara bersamaan. Misalnya saja keuangan, teknis, administrasi, engineer, konsultan, labour (buruh) dll baik yang permanen ataupun outsource.

Dasar Dasar Project Management:

Define the project : adalah menentukan scope projet tersebut.  Untuk persiapan project perlu dilakukan brainstorming dan analisa untuk menentuk tujuan secara detail. Salah satu caranya adalah dengan melakuka study dan diskusi diantara internal team kita. Dari diskusi itu diharapkan kita bisa menentukan tujuan akhir dari project itu, kemudian membangun gagasan gagasan yang berguna untuk menyelesaikan project. Gagasan ini nantinya akan di evaluasi sampai ditemukan strategi yang paling tepat dan efisien. Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah menulis dan mendokumentasikan definisi dari project tersebut, apa saja yang telah disepakati, siapa yang mengerjakan dll.

Didalam Management Project umumnya kita kenal dengan akronim S.M.A.R.T

  1. Specific (Detail)
  2. Measurable ( Bisa di ukur dari timeline, finance dll)
  3. Action Oriented ( Ber orientasi kepada tindakan nyata)
  4. Realistic ( Realistis baik jangka waktu dan capaian tujuannya)
  5. Time Limited ( Ada tenggat waktu selesai)

Salam Share!

Edy Susanto
Completed [MSCE, CSSA, APP, RHCSE, RHCSA, CWNA, CWNE, CISA, CISM, C|EH, VCP, CISSP]

Edy Susanto
Visit Website