E | Blog

Edy Susanto Personal Blog

Ilustrasi Email - GoogleEmail sekarang telah menjadi hal yang umum dikalangan pengguna internet, semua login, konfigurasi berawal dari email. Di Android pun semua untuk akses ke playstore nya Google harus memvalidasi data data melalui email. Artikel berikut adalah untuk membrainstorming kembali pentingnya keamanan email karena segala sesuatu yang kita gunakan di dunia maya menggunakan fasilitas email.

Untuk meretas account situs situs sosial media seperti twitter , facebook , linkedin dll sebenarnya diawali dengan kegiataan foot printing yaitu mencari segala sesuatu yang berkaitan dengan sasaran, baik itu pengetahuan pendidikan, kemampuan skill, jam terbang, keahlian, dimana dia biasa jogging, no hp, alamat email, nama anak, suami, kantor, tgl lahir dll.

Satu yang terpenting adalah alamat email, ketika sudah mendapati alamat email maka tugas berikutnya adalah meretas alamat email tersebut, tekniknya adalah dengan mencoba coba kemungkinan password yang digunakan , pada umumnya password email adalah terdiri dari gabungan antara nama sendiri, atau nama anak, tgl lahir, alamat, no telp rumah dll, memang tidak segampang yang dibayangkan sebab mengkombinasikan informasi yang telah didapat dari foot printing bisa dari itungan menit sd berhari hari.

Dari pengalaman saya sendiri malah ada yg cuma tanggal lahir saja passwordnya sehingga dalam waktu tidak kurang dari 10 menit akses ke email dan sekaligus meretas ke dalam account facebooknya.

Intinya adalah jangan menyepelekan login email sebab dari sinilah semua bisa menjadi titik ‘meretas’ account account yang lain, tidak perlu menggunakan high skill cukup foot printing dan social engineering. Oleh karena itu wajib kiranya anda melakukan securitas email , dengan membuat email tersebut minimum 8 karakter, huruf besar kecil dan karakter tambahan, serta usahakan password yang tidak ada hubungannya dengan informasi yang berkaitan dengan kita, ini akan menyulitkan hacker atau siapapun yang berniat iseng atau memang akan melakukan hal yang tidak baik.

Salam Share
|EDy Susanto|
Completed [MSCE, CSSA, APP, RHCSE, RHCSA, CWNA, CWNE, CISA, CISM, C|EH, VCP, CISSP]

2 thoughts on “Perlunya Mengamankan Login Email

Leave a Reply