Pasar Online Ilegal xDedic Telah di Take Down

Sebuah operasi internasional yang melibatkan otoritas penegakan hukum dari AS dan beberapa negara Eropa, proyek telah menutup pasar bawah tanah online dan menangkap tiga tersangka di Ukraina.

Dinamai xDedic, ini adalah sebuah pasar online ilegal memungkinkan para penjahat cyber membeli, menjual atau menyewakan akses ke ribuan komputer dan server yang diretas di seluruh dunia dan informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi dari penduduk AS.
Situs web bawah tanah telah ada selama bertahun-tahun dengan administratornya secara strategis menjaga dan menyembunyikan lokasi servernya dalam pengoperasian situs bawah tanah.

Pembeli xDed untuk mencari lebih dari 176.000 server yang telah di retas , yang biasanya berupa kredensial untuk lokasi geografis mereka dari tempat dicuri.
xDedis memengaruhi korban di berbagai industri, “termasuk infrastruktur pemerintah lokal, negara bagian, dan federal, rumah sakit, 911, dan layanan darurat, pusat panggilan, otoritas transit metropolitan utama, firma akuntansi dan hukum, dana pensiun, dan universitas.”

Siapa pun dapat membeli server yang terletak di jaringan pemerintah negara Uni Eropa hanya dengan $ 6, menurut laporan 2016 dari Kaspersky Lab, yang mengklaim xedic dioperasikan oleh sekelompok peretas yang berbahasa Rusia.

Pasar bawah tanah memfasilitasi lebih dari $ 68 juta dalam penipuan sebelum di take down pada hari Kamis (24 Januari 2019), sementara Europol dan AS Departemen Kehakiman mengumumkan take down pada tanggal 28 Januari.

Pihak berwenang mengatakan Infrastruktur yang telah di bongkar adalah khusus yang berlokasi di Belgia dan Ukraina. Orang-orang yang masih mengakses situs web bawah tanah akan diarahkan ke halaman yang menampilkan pasar telah dimatikan.
Sementara itu, pihak berwenang Ukraina telah mengumumkan penangkapan tiga tersangka setelah mereka mencari setidaknya sembilan lokasi di Ukraina minggu lalu dan menyita beberapa sistem IT.


Sumber hackernews.com

Edy Susanto
Visit Website