Organizational Structure, Roles & Responsibilites Related to IT

it

Berikut ini bagan struktur organisasi yang berhubungan dengan Information Technology berikut dengan tanggung jawab masing masing.

System Development Manager , bertanggung jawab bila ada programmer atau analyst yang akan mengimplementasikan system baru dan maintain terhadap existing system.

Project Management
bertanggung jawab untuk melakukan perencanaan dan mengeksesuksi project didala IS dan melakukan report ke project management officenya. Termasuk disini utilisasi budget, menterjemahkan visi dari IT Steering Comitte kedalam bentuk nyata.

Service Desk ,
adalah divisi internal yang memberi respon terhadap pertanyaan teknis dan masalah yang dialami oleh user, dimana pertanyaanya bisa didelivered melalui fasilitas telephone, email, IM. SD boleh menggunakan software pihak ketiga untuk memudahkan pencarian jawaban. Segala bentuk procedure untuk menyelesaikan masalah, eskalasi ditempatkan disini untuk melakukan analisa masalah.

End User Support Manager
Bertindak sebagai perantara antara IS Dept dengan End user.

Data Management
Bertindak sebagai data architecture pada organisasi besar, melakukan manage data dan data itu diperlakukan sebagai corporate asset.

Quality Assurance Manager
Bertanggung jawan untuk melakukan negosiasi dan memfasilitasi quality activities di semua area Information Technology

Information Security Management

Biasanya unit ini terpisah dari divisi IT dan di handle oleh CISO, dimana leader nya akan melakukan laporan langsung ke CIO.

Infrastructure Operation Management

Managernya bertanggung jawab terhadap semua computer yang dipakai oleh operational , termasuk yang dipakai oleh staff untuk menjalankan IPF ( Information Processing Facility) secara efektif dan efisien.

Media Management
DIperlukan untuk merekan semua issue, penerimaan dan keamanan dari semua aplikasi dan data yang dimaintain melalui removable media, seperti USB, DVD dll. Maksudknya adalah bahwa semua aplikasi yang dijalankan dan data yang berasal dari dan ke movable media menjadi tanggung jawab bagian Media Management.

Data Entry
Data entry adalah bagian yang kritikal  untuk memproses informasi yang berasal dari luar baik melalui form, kertas dll.

System Administration
Adalah bertanggungjawab untuk memelihara multisystem, baik LAN, WAN, SANS, Intranet,  dan midrafe mainframe system.DIsinilah biasanya banyak sekali SOP dijalankan, oleh karena tugasnya yang lumayan banyak, umumnya system administrator adalah orang yang dihire secara full-time.

Quality Assurance
Pesonel yang melakukan dua hal yaitu Quality Control dan Quality Assurance

System Analyst
Spesialist yang diperkerjakan secara khusus untuk men desain system, berdasarkan kebutuhan dari user dan biasanya termasuk didalam proses penentuan SDLC ( System Development Life Cycle)

Security Architects
Melakukan evaluasi technology keamanan, mendesain aspek keamanan jaringan, access control, identity management.

Applications Development dan Maitenance
Bertanggung jawab untuk membangun dan memaintain aplikasi aplikasi internal organisasi.

Infrastructure Development dan Maitenance
Bertanggung jwa untuk memaintain system software, termasuk OS ( Operating System)

Network Administrator
Personel yang bertanggung jawab untuk maintain infrastructure router, switche, firewall, network segment, performance management, remote access dll.


Sumber : Training CISA – ISACA

Edy Susanto
Visit Website