Microsoft Hentikan Support Windows 7

Bagi anda yang masih berpegang pada sistem operasi Windows 7, maka anda memiliki satu tahun tersisa sampai Microsoft mengakhiri dukungan untuk sistem operasinya yang berusia 9 tahun. Jadi ini saat nya anda perlu memutakhirkan OS anda, karena dukungan diperpanjang lima tahun akan berakhir pada 14 Januari 2020  — itu tepatnya satu tahun dari hari ini.

Setelah tanggal itu, raksasa teknologi tidak akan lagi merilis pembaruan keamanan gratis, perbaikan bug dan fungsi baru untuk sistem operasi yang masih banyak digunakan oleh orang-orang, yang pada akhirnya bisa membuat sejumlah besar pengguna lebih rentan terhadap serangan malware.

Namun, akhir dukungan gratis tidak mengakhiri dukungan Windows 7 untuk bisnis besar dan pelanggan perusahaan. Seperti biasa, Microsoft memang membuat pengecualian untuk perusahaan tertentu yang bersedia membayar banyak uang untuk melanjutkan dukungan mereka

Menurut laporan ‘Death Windows 7’ yang di release dari perusahaan pengiriman konten Kollective, sebanyak 43% perusahaan masih menjalankan sistem operasi sembilan tahun, di mana 17% tidak tahu kapan batas akhir dukungan Microsoft mencapai batas waktu .

Windows 7 dirilis pada 2009 dan, menurut Desember 2018 statistik dari Netmarketshare, saat ini berjalan di sekitar 37 persen dari armada PC dunia, yang jauh di depan penggantinya yang secara radikal didesain ulang, gabungan Windows 8 dan 8.1.

Microsoft menghentikan dukungan utama untuk Windows 7 pada Januari 2015, tetapi pengguna Windows terus menerima pembaruan keamanan dan tambalan untuk masalah keamanan yang diketahui sebagai bagian dari dukungan tambahan perusahaan, yang berjalan setidaknya selama lima tahun.

Pada bulan Maret 2017, Microsoft juga mulai memblokir patch keamanan baru dan pembaruan untuk pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 yang menjalankan prosesor terbaru dari Intel, AMD, Qualcomm, dan lainnya.

“Agar Windows 7 dapat berjalan pada silikon modern, driver perangkat dan firmware perlu meniru ekspektasi Windows 7 untuk pemrosesan interupsi, dukungan bus, dan status daya – untuk WiFi, grafik, keamanan, dan banyak lagi,” kata perusahaan itu.

Selain mengakhiri dukungan untuk Windows 7 tahun depan, Microsoft juga akan mengakhiri dukungan untuk MS Office 2010, Windows Server 2008/2008 R2, SQL Server 2008/2008 R2, Exchange 2010 dan Windows Embedded 7 pada tahun 2020.

Sedangkan untuk Windows 8, dukungan tambahan sistem operasi diatur untuk berakhir pada 10 Januari 2023.

Jadi ayoo pikirkan untuk ber migrasi bagi anda pengguna home user yang masih menggunakan OS Windows 7.


sumber “thehackernews.com

Edy Susanto
Visit Website