2020/10/21

E | Blog

Edy Susanto Personal Blog

Fase Reconnaissance

1 min read

Tahap awal yang dipelajari ketika belajar hacking adalah reconnaissance. Istilah reconnaissance adalah berasal dari Bahasa militer yang artinya adalah secara aktif mencari dan mengumpulkan semua informasi yang berkaitan denga musuh baik dari segi kemampuan, komposisi, sumber daya melalui observasi secara langsung dengan menggunakan pencari jejak ataupun dinas rahasia ( intelejen), Dalam dunia ethical hacking proses reconnaissance mengamati sasaran dan mengumpulkan informasi “how, when, where the doing “. Dengan mengindentifikasi kebiasaan,tindakan, orang orangnya maka akan Nampak kelemahan dari si musuh ( target).

Dalam dunia hacking banyak tools yang bisa digunakan untuk hal ini, contohnya adalah dengan online tools “SpyFu” .

Rekan sekalian sekalian dapat mengunjungi website www.spyfu.com dan masukkan website sasaran pada kotak yang sudah disediakan.

spyfu

 

Teknik kedua adalah dengan menggunakan tool “KeywordSpy”, ketikkan saja alamat di browser anda www.keywordspy.com dan kembali masukkan ke dalam kolom yang tersedia.

key

Sebenarnya tanpa ini pun google sudah menjadi monster pencari informasi yang sangat ampuh, hanya saja informasi yang muncul memang kudu di pilah pilah kembali, dan kemudian di klasfikasikan mana yang benar benar bisa dipakai.

Contoh yang unik adalah dengan mencari informasi di website pencari kerja, rekan rekan tahu kan bahwa sering kita dapat lowongan pekerjaan misalnya dibutuhkan tenaga IT dengan kemampuan sertifikasi CCNA , ini artinya di perusaahan yang sedang membutuhkan karyawan IT itu system di mereka menggunakan perangkat perangkat keluaran cisco.

Salam