Host VM Putus Dari VCenter

Saya kali ini akan coba menuliskan pengalaman saya beberapa waktu yang lalu terkait dengan VMware. Mungkin saja hal ini bisa menjadi ide penyelesaian masalah jika ada yang mengalami masalah serupa.

Permasalahan yang saya hadapi kemarin adalah tiba tiba beberapa host yang terkoneksi di Vcenter tiba tiba lost connection. Usut punya usut ternyata penyebabnya adalah terjadinya overheat di Data Center akibat system pendinginnya bermasalah, jadi secara otomatis ada host yang shutdown sendiri.

Problemnya tidak berhenti disitu saja sebab setelah kondisi pendingin ruangan  diatasi, ketika host yang mati kemudian dinyalakan kembali tidak serta merta bisa dikoneksi kembali. Ketika saya ping pun tidak ada reply alias time out.

Walhasil saya terpaksa harus melakukan remote kedalam enclosure blade untuk melihat kira kira apa yang harus dilakukan untuk solve masalah ini.

Pertama yang kemudian saya lakukan adalah melakukan remote Onboard Administrator by ILO ke dalam enclosure blade.

Kemudian saya cek kondisi host yang bermasalah, saat ini karena kondisi memungkinkan maka saya beranikan diri untuk restart melalui OA ini, berharap harap cemas kondisinya bisa kembali untuk run konfigurasi nya.

Tapi..sayangnya solusi ini belum berhasil, host tersebut masih juga tidak mau reply ketika di ping.

Kali ini saya coba untuk masuk kedalam esxi nya untuk melihat apakah network di host tersebut bermasalah atau tidak.

Dari sini ada beberapa menu yang kemudian saya jadikan landasan untuk melihat apakah koneksi keluar dari blade itu normal atau tidak. Perhatikan gambar dibawah ini ada menu “Test Management Network “ , yang mana kita bisa isi 3 (Tiga) ip addresss destination untuk ditest dari dalam keluar host.

Walhasil setelah saya cek kondisi network dari blade keluar memang tidak bisa, jadi saya asumsikan bisa jadi switch yang nempel di enclosure blade nya bermasalah, oleh karena itu perburuan ini masih berlanjut.

Sekarang perhatian saya, saya arahkan ke cisco blade yang nempel di enclosure,

Saya coba cek melalui management URL nya , dan beberapa port sepertinya lepas sendiri ( saya juga heran kenapa bisa lepas sendiri ya ), tapi itulah kenyataanya,

Setelah kemudian pasang lagi port port yang “lepas” tersebut, dan dicoba untuk melakukan reset cisco swicthnya setelah di perbaiki konfigurasinya.

Akhirnya setelah menunggu beberapa menit, keberuntungan pun berpihak pada saya, host host yang tadinya tidak bisa dihubungkan dengan Vcenter kini kembali bisa di manage dari central management tersebut.

Demikian sharing saya untuk hari ini.

 

 

 

Edy Susanto
Visit Website